10 Kuliner Unik Khas Laos yang Menggugah Selera

10 Kuliner Unik Khas Laos yang Menggugah Selera

10 Kuliner Unik Khas Laos yang Menggugah Selera – Laos, sebuah negara yang kaya akan budaya dan tradisi, juga memiliki kekayaan kuliner yang unik dan menggugah selera. Makanan khas Laos tidak hanya mencerminkan kekayaan bahan-bahan lokal, tetapi juga sejarah serta pengaruh dari tetangga-tetangganya seperti Thailand, Vietnam, dan Tiongkok. Berikut adalah beberapa hidangan khas Laos yang patut dicoba.

10 Kuliner Unik Khas Laos

1. Sticky Rice (Khao Niew)

Sticky rice adalah makanan pokok di Laos dan sering kali disajikan dalam wadah bulat dari anyaman bambu yang disebut “kep” atau “ket”. Biasanya dimakan dengan tangan dan dipadukan dengan lauk-pauk seperti daging panggang, ikan asin, atau sup.

2. Laap/Larb

Laap atau larb adalah salah satu hidangan terkenal Laos yang terdiri dari daging cincang (biasanya ayam atau daging sapi), dicampur dengan bawang, daun bawang, mint, cilantro, dan bumbu seperti jus jeruk nipis dan kecap ikan. Laap biasanya disajikan dengan nasi putih atau sticky rice.

3. Tam Mak Houng (Papaya Salad)

Salad papaya adalah hidangan segar yang terbuat dari irisan mentah papaya yang diulek dengan bumbu pedas seperti cabai, bawang putih, gula, dan jus jeruk nipis. Biasanya di tambahkan tomat, kacang panjang, dan kadang-kadang udang kering.

4. Or Lam

Or lam adalah semacam sup khas Laos yang terbuat dari daging (biasanya daging sapi atau babi), di rebus dengan berbagai rempah-rempah seperti jahe, serai, dan cabai. Di tambahkan dengan berbagai macam sayuran seperti terong, labu, dan kacang panjang.

5. Mok Pa

Mok Pa adalah hidangan ikan yang di bungkus dalam daun pisang dan kemudian di kukus atau di panggang. Ikan di bumbui dengan rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, dan kemiri, memberikan cita rasa yang unik dan harum.

Baca juga : Beberapa Makanan Khas Kuba Rasanya Menggoyang Lidah

6. Khao Piak Sen

Khao piak sen adalah sup mi khas Laos yang terbuat dari mi beras yang tebal, di sajikan dengan daging ayam atau sapi, dan di tambahkan dengan berbagai jenis sayuran seperti daun bawang dan daun ketumbar.

7. Ping Kai

Ping kai adalah ayam panggang khas Laos yang di bumbui dengan bawang putih, kecap ikan, dan jahe, kemudian di panggang di atas bara api. Biasanya di sajikan dengan nasi putih atau sticky rice.

8. Khao Poon

Khao poon adalah sup kari khas Laos yang terbuat dari mie beras yang di sajikan dalam kuah kari yang kaya dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, dan kunyit. Biasanya di tambahkan dengan daging ayam atau ikan serta sayuran.

9. Khao Jee

Khao jee adalah sandwich Laos yang terbuat dari roti French baguette yang di isi dengan daging panggang, daun ketumbar, mentimun, dan saus pedas. Hidangan ini sering kali di jual di kaki lima atau warung-warung di pinggir jalan.

10. Khao Piek

Khao piek adalah sup mi khas Laos yang terbuat dari mi beras yang tipis, di sajikan dengan kaldu ayam atau sapi yang kaya rasa. Biasanya di beri tambahan seperti daun bawang, bawang goreng, dan seledri.

Kuliner Laos menawarkan pengalaman yang unik dengan cita rasa yang kaya dan beragam. Dari sticky rice yang menjadi pilar makanan sehari-hari hingga hidangan kari dan sup yang memanfaatkan rempah-rempah tradisional, setiap hidangan menghadirkan karakteristik yang mencerminkan budaya dan kekayaan alam Laos. Jelajahi kuliner Laos untuk merasakan harmoni antara rasa tradisional dan kekayaan alam yang melimpah.