Makanan Khas Irak yang Terkenal dan Wajib Kamu Cicipi

Makanan Khas Irak yang Terkenal dan Wajib Kamu Cicipi

Makanan Khas Irak yang Terkenal dan Wajib Kamu Cicipi – Makanan khas Irak memadukan warisan sejarah yang kaya dengan keanekaragaman bahan makanan yang melimpah. Dari padang pasir Mesopotamia hingga dataran tinggi Kurdistan, kuliner Irak mencerminkan pengaruh yang beragam dari budaya Arab, Persia, Turki, dan Levantine. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Irak yang paling terkenal dan menggugah selera.

Masakan Utama Khas Irak

1. Masgouf

Masgouf adalah makanan ikonik Irak, ikan mas yang dipanggang dengan metode tradisional di atas tungku dari kayu atau bara. Ikan ini biasanya disajikan dengan lemon, bawang putih, dan rempah-rempah. Masgouf adalah hidangan yang sangat populer di Irak dan menjadi simbol kuliner dari sungai Tigris dan Efrat.

2. Qeema

Qeema adalah hidangan daging cincang yang dimasak dengan bumbu-bumbu kaya dan biasanya disajikan dengan roti atau nasi. Bumbu yang umum digunakan termasuk bawang, tomat, lada, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga. Qeema bisa dibuat dengan daging sapi, domba, atau ayam sesuai selera.

3. Dolma

Dolma adalah daun anggur atau sayuran lainnya yang diisi dengan campuran daging cincang, beras, dan rempah-rempah. Makanan ini kemudian dikukus atau direbus dan sering di sajikan dengan yogurt atau saus tomat. Variasi dolma bisa termasuk kubis, paprika, atau tomat yang diisi.

4. Quzi

Quzi adalah hidangan daging kambing panggang yang di hidangkan dengan nasi berbumbu, kacang-kacangan, dan kismis. Hidangan ini biasanya di sajikan dalam acara-acara besar seperti pernikahan atau festival. Dagingnya empuk dan kaya rempah, memberikan rasa yang khas dari masakan Irak.

5. Tashreeb

Tashreeb adalah hidangan tradisional Irak yang terdiri dari potongan roti Arab yang di rendam dalam kaldu daging atau ayam yang kaya. Hidangan ini sering di beri tambahan daging dan kacang-kacangan serta disajikan dengan yogurt untuk menambahkan kelembutan rasa.

Baca juga : Rekomendasi Makanan India yang Khas Cocok di Lidah Anda

Hidangan Pendamping Khas Irak

1. Kubba

Kubba adalah hidangan tradisional Irak yang terbuat dari bulgur atau semolina yang di isi dengan daging cincang dan bumbu-bumbu. Makanan ini bisa di goreng, di rebus, atau di masak dalam sup. Variasi terkenal termasuk Kubba Hamuth (dalam sup tomat) dan Kubba Halab (goreng).

2. Baytinijan

Baytinijan adalah hidangan berbasis terong yang di panggang atau di rebus, kemudian di sajikan dengan saus tomat, daging cincang, dan kacang-kacangan. Makanan sering kali juga di beri tambahan yogurt untuk menyeimbangkan rasa dan tekstur.

3. Jajeek

Jajeek adalah salad mentimun yang di sajikan dengan yogurt, bawang putih, mint, dan kadang-kadang zaitun. Hidangan ini menyegarkan dan sering kali di gunakan sebagai pelengkap untuk hidangan utama.

Hidangan Penutup Khas Irak

1. Kleicha

Kleicha adalah kue kering yang terkenal di Irak, terutama selama perayaan Idul Fitri. Kue ini biasanya berbentuk bulat atau berbentuk hati dan di isi dengan kurma atau kacang-kacangan yang manis.

2. Masgouf

Meskipun juga nama hidangan utama, Masgouf juga bisa menjadi hidangan penutup. Versi penutup ini terbuat dari campuran krim kental, kismis, kacang, dan madu yang di hidangkan dalam mangkuk kecil.

3. Halwa

Halwa adalah hidangan manis yang terbuat dari semolina, gula, mentega, dan kacang-kacangan. Makanan Irak sering kali memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang lebih kaya di bandingkan dengan variasi halwa di negara-negara lain.

Minuman Khas Irak

1. Ayran

Ayran adalah minuman tradisional yang terbuat dari yogurt yang di encerkan dengan air dan sedikit garam. Minuman ini sangat menyegarkan dan merupakan pendamping ideal untuk hidangan berat.

2. Arabic Coffee

Kopi Arab adalah minuman kopi tradisional yang di sajikan dengan aroma wangi khas. Kopi ini biasanya di sajikan tanpa gula dan memiliki rasa yang kuat.

Kuliner Irak tidak hanya memberikan pengalaman rasa yang kaya dan unik tetapi juga mencerminkan warisan budaya dan sejarah yang dalam. Dari hidangan utama yang meriah seperti Masgouf dan Quzi hingga kue-kue khas seperti Kleicha, makanan Irak mencerminkan kekayaan bahan makanan alami dan keahlian dalam memadukan rempah-rempah dan bumbu. Masakan ini tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menggambarkan bagaimana kehidupan sehari-hari dan perayaan budaya di Irak di wujudkan melalui hidangan-hidangan tradisional mereka.